Pengantar

Kamu yang sering menggunakan Coreldraw pasti sudah familiar dengan latar belakang yang tidak diinginkan pada gambar. Hal tersebut bisa menjadi kendala ketika kamu ingin memindahkan benda pada gambar tersebut ke desain lainnya. Nah, bagaimana caranya menghapus latar belakang di Coreldraw? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Coreldraw?

CorelDRAW adalah program desain grafis yang populer dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Program ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan memodifikasi semua jenis gambar dan ilustrasi. CorelDRAW juga sangat populer di kalangan pelajar, mahasiswa, dan profesional karena memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan fitur yang kuat.

1. Langkah pertama: Menyediakan gambar yang ingin dihapus latar belakangnya

Setelah membuka CorelDRAW, langkah pertama adalah menyediakan gambar yang ingin kamu hapus latar belakangnya. Kamu bisa memilih gambar baru yang ingin kamu buat atau membuka gambar yang sudah tersedia. Kemudian, pilihlah benda pada gambar tersebut yang ingin kamu hapus latar belakangnya.

2. Langkah kedua: Memilih tool yang tepat

Setelah benda pada gambar terpilih, langkah selanjutnya adalah memilih tool yang tepat. Kamu bisa menggunakan tool “Pick Tool” pada CorelDRAW untuk memilih benda yang ingin kamu hapus latar belakangnya.

3. Langkah ketiga: Melakukan seleksi dan masking

Setelah memilih tool yang tepat, langkah selanjutnya adalah melakukan seleksi dan masking pada benda tersebut. Seleksi dilakukan dengan cara menekan tombol “Ctrl + A” pada keyboard untuk memilih seluruh gambar. Kemudian, masking dilakukan dengan menekan tombol “Masking” pada menu objek.

4. Langkah keempat: Menghilangkan latar belakang

Setelah melakukan seleksi dan masking pada benda, langkah selanjutnya adalah menghilangkan latar belakang pada gambar. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan memilih tool “Eraser Tool” pada CorelDRAW dan menghapus latar belakang yang tidak diinginkan pada gambar.

5. Langkah kelima: Mengecek hasil akhir

Setelah menghapus latar belakang pada gambar, langkah terakhir adalah mengecek hasil akhir dari gambar tersebut. Pastikan semua bagian gambar yang tidak diinginkan sudah terhapus dan hasil akhir terlihat rapi dan estetis.

6. Langkah keenam: Membuat background baru

Setelah latar belakang dihapus, kamu bisa membuat background baru untuk gambar tersebut. Kamu bisa menggunakan tool “Rectangle Tool” atau “Ellipse Tool” pada CorelDRAW untuk membuat background baru yang sesuai dengan keinginanmu.

7. Langkah ketujuh: Menyimpan hasil desain

Setelah selesai menghapus latar belakang dan membuat background baru, langkah terakhir adalah menyimpan hasil desain. Kamu bisa menyimpan desain tersebut dalam format yang kamu inginkan, seperti .jpeg atau .png.

Keuntungan dan Risiko Cara Menghapus Latar Belakang di Coreldraw

Sebelum kamu memutuskan untuk menghapus latar belakang pada gambar, ada baiknya kamu mengetahui keuntungan dan risikonya. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Keuntungan

Keuntungan utama dari menghapus latar belakang pada gambar adalah memungkinkan kamu untuk memindahkan benda pada gambar tersebut ke desain lainnya. Hal tersebut sangat berguna bagi kamu yang sering melakukan desain grafis atau editing foto.

Selain itu, menghapus latar belakang pada gambar juga bisa membuat gambar terlihat lebih estetis dan profesional. Hal tersebut bisa meningkatkan kualitas desain grafis yang kamu buat dan memberikan dampak positif pada karirmu di bidang desain.

2. Risiko

Ada beberapa risiko yang perlu kamu perhatikan jika kamu ingin menghapus latar belakang pada gambar, seperti:

Risiko Penjelasan
1. Kesalahan dalam menghapus latar belakang Jika tidak hati-hati, kamu bisa membuat kesalahan dalam menghapus latar belakang pada gambar yang kamu buat. Hal ini bisa menyebabkan gambar terlihat tidak estetis atau bahkan rusak.
2. Waktu yang dibutuhkan Proses menghapus latar belakang pada gambar membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama jika kamu belum terbiasa melakukan hal tersebut.
3. Keterbatasan tool yang digunakan Terkadang, tool yang tersedia pada CorelDRAW tidak cukup untuk menghapus latar belakang pada gambar yang lebih kompleks. Hal tersebut bisa menjadi kendala dalam proses editing gambar.

Cara Menghapus Latar Belakang di Coreldraw – Tanya Jawab

1. Apakah semua gambar bisa dihapus latar belakangnya?

Tidak semua gambar bisa dihapus latar belakangnya. Biasanya, gambar dengan latar belakang yang rumit atau kompleks membutuhkan tool yang lebih canggih untuk menghapusnya.

2. Apakah proses menghapus latar belakang pada gambar mempengaruhi kualitas gambar tersebut?

Jika dilakukan dengan benar, proses menghapus latar belakang pada gambar tidak mempengaruhi kualitas gambar tersebut. Namun, jika dilakukan dengan tidak hati-hati, proses tersebut bisa menyebabkan gambar terlihat kurang estetis.

3. Apakah CorelDRAW merupakan satu-satunya program yang bisa menghapus latar belakang pada gambar?

Tidak, ada banyak program desain grafis yang bisa menghapus latar belakang pada gambar. Namun, CorelDRAW merupakan salah satu program desain grafis yang paling populer dan mudah digunakan.

4. Bisakah background baru diubah setelah proses penghapusan latar belakang selesai?

Ya, kamu bisa mengubah background baru pada gambar setelah proses penghapusan latar belakang selesai.

5. Apakah ada tips untuk menghapus latar belakang pada gambar dengan hasil yang lebih maksimal?

Beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghapus latar belakang pada gambar dengan hasil yang lebih maksimal adalah menggunakan tool yang tepat, hati-hati dalam melakukan seleksi dan masking, dan melakukan proses penghapusan secara hati-hati dan teliti.

6. Apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan dalam menghapus latar belakang pada gambar?

Jika terjadi kesalahan dalam menghapus latar belakang pada gambar, kamu bisa menggunakan fitur “Undo” pada CorelDRAW untuk membatalkan aksi yang telah dilakukan. Jika kesalahan tersebut sudah terlanjur terjadi dan tidak bisa diperbaiki, kamu bisa mengulang proses penghapusan latar belakang pada gambar dari awal.

7. Apakah menghapus latar belakang pada gambar bisa dilakukan dengan cepat dan mudah?

Proses menghapus latar belakang pada gambar membutuhkan waktu dan kesabaran yang cukup. Namun, jika kamu sudah terbiasa dan menguasai teknik yang tepat, proses tersebut bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kamu sudah mengetahui caranya menghapus latar belakang di Coreldraw. Selain itu, kamu juga sudah mengetahui keuntungan dan risikonya, serta tips dan trik yang bisa membantu kamu melakukan proses penghapusan dengan lebih baik. Jangan lupa untuk berlatih dan terus memperbaiki keterampilanmu dalam desain grafis untuk menghasilkan hasil yang lebih maksimal.

Kata Penutup atau Disclaimer

Artikel ini disusun untuk tujuan informasi saja. Penulis dan penerbit tidak bertanggung jawab atas akurasi, keandalan, atau kegunaan informasi yang disajikan dalam artikel ini. Setiap keputusan yang dibuat berdasarkan informasi yang disajikan dalam artikel ini adalah tanggung jawab masing-masing pembaca. Pembaca harus melakukan penelitian mereka sendiri sebelum membuat keputusan apa pun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan